468x60 Ads

1

Cara Menginstal File APK (Aplikasi) di Ponsel Android


APK adalah jenis format file aplikasi yang digunakan untuk diinstal pada ponsel bersistem operasi Android. Seperti halnya pada ponsel berbasis MIDlet, kalau ingin menginstal aplikasi maka yang dicari adalah file JAR. Jadi, kalau mau instal aplikasi di ponsel Android yang dicari adalah file APK.

Ada 3 cara mengintal file APK (aplikasi) ke dalam ponsel Android, yaitu melalui Android Market, Android SDK (Software Development Kit) dan aplikasi APKInstaller. Berikut cara instalnya.

*Cara Instal Aplikasi Android melalui Android Market

Android Market adalah sebuah situs yang dikelola secara resmi oleh perusahaan Google sendiri yang menawarkan banyak aplikasi untuk ponsel Android. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Fungsi Android Market ini sama dengan iPhone App Store yang dimiliki oleh Mac dan Ovi Store ang dimiliki oleh Nokia. Berikut ini cara instalnya :

1. Salin file APK ke dalam kartu memori ponsel Android dan masukkan kartu memori tersebut ke dalam ponsel.
2. Unduh dan instal aplikasi Apps Installer di Android Market.
3. Setelah diinstal, aplikasi Apps Installer akan menampilkan beberapa file APK yang ada di dalam kartu memori.
4. Klik file APK yang ingin diinstal. Selesai.

*Cara Instal Aplikasi Android melalui Android SDK

Kalau cara di atas aplikasi yang ingin diinstal harus yang ada di Android Market, pertanyaannya bagaimana jika saya dapat file APK dari situs/forum lain yang memang menyediakan file APK untuk diunduh? ?:-) Jawabannya…ya lewat Android SDK. Sayangnya cara ini gak semudah dengan cara pertama tapi juga gak terlalu sulit kok, maka perhatikan dengan baik langkah-langkahnya yah ;-)

1. Unduh dan instal program Android SDK dan Android USB Driver pada komputer. Android SDK bisa diunduh di http://developer.android.com/sdk/index.html dan Android USB Driver di http://developer.android.com/sdk/win-usb.html.
2. Ubah settingan pada ponsel Android untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber daya lain. Pada menu “Setting” di ponsel Android pilih “Application Settings” dan aktifkan “Unknown Sources”. Lalu pada menu “Setting” pilih “SD Card” dan “Phone Storage” serta aktifkan “Disable Use for USB Storage”.
3. Langkah terakhir, buka Command Prompt Windows dan ketikkan “adb install <1>/<2>.apk”.
Ganti <1> dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti <2> dengan nama file APK, sebagai contoh adb install c:\workspace\musicplayer\bin\musicplayer.apk.
Selesai, sekarang aplikasi sudah terpasang pada ponsel Android dan siap digunakan.

*Cara Instal Aplikasi Android melalui Aplikasi APKInstaller

Cara ini sedikit mirip dengan cara instal aplikasi Android melalui Android SDK bedanya cara ini lebih mudah karena lebih sederhana dan tidak perlu melakukan setting pada ponsel. Dengan aplikasi APKInstaller ini, pengguna dapat menginstal file APK yang ada di komputer ke ponsel Android hanya dengan mengklik 2x file APK tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara instalasinya :

1. Unduh aplikasi APKInstaller di http://handheld.softpedia.com/get/Desktop-and-Shell/Windows/APKInstaller-82955.shtml dan instal dengan cara klik file bernama “install.bat”.
2. Setelah diinstal, colokkan ponsel Android ke komputer.
3. Klik 2x file APK yang ada di komputer yang ingin diinstal ke ponsel Android
4. Ikuti instruksi yang muncul untuk instalasinya.



 Selamat Mencoba
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

{ artis } at: 29 Januari 2012 07.58 mengatakan...

format apa sih APK itu

Posting Komentar

Hey...silahkan comment yah di blog jason!!!