468x60 Ads

1

Modem

Modem mempunyai kepanjangan dari modulasi demodulasi. Berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dibawa melalui saluran telepon ke komputer lawan, kemudian sinyal telepon tersebut diterjemahkan oleh modem komputer lawan menjadi sinyal digital yang dipahami oleh komputer lawan.

Secara fisik ada dua jenis modem, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal biasanya terpasang dalam CPU, sedangkan modem eksternal terpasang diluar CPU, dan untuk menghubungkan ke komputer menggunakan kabel serial.

Saat ini ada juga modem yang menggunakan teknologi digital yang disebut DSL (Digital Subscriber Line / jalur pelanggan digital). Perbedaan antara modem konvensional (analog) dengan modem DSL adalah pada kecepatan transfer data, walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur komunikasinya, namun pada modem konvensional memiliki kecepatan antara 28,8 kbps sampai 56 kbps, sedangkan kecepatan DSL, seperti ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) berkisar antara 1,5 Mbps sampai 9 Mbps.

Perbedaan tersebut karena adanya perbedaan penggunaan frekuensi untuk mengirim sinyal / data. Modem konvensional menggunakan frekuensi di bawah 4 kHz, sedangkan modem ADSL menggunakan frekuensi antara 34 kHz sampai 1.104 kHz.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

Hey...silahkan comment yah di blog jason!!!